Alasan Artis K-Pop Tidak Mau Pakai Media Sosial

Alasan Artis K-Pop Tidak Mau Pakai Media Sosial

Gosipgakpenting.web.id – Media sosial umumnya digunakan para selebritas untuk membagikan aktivitas mereka. Hal itu dinilai dapat mendekatkan hubungan sang artis dengan para penggemar. Tak hanya itu, media sosial juga bisa menjadi sarana bagi sang artis dalam mempromosikan karya terbaru mereka. Dengan tingginya eksposur yang dimiliki mereka, media sosial bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Namun di sisi lain, media sosial juga bisa mendatangkan bencana bagi para figur publik. Hujatan dan komentar pedas tak jarang dituliskan warganet dalam unggahan selebritas yang dianggap bermasalah. Di tengah gegap gempita dunia digital, beberapa artis Korea memilih untuk tidak menggunakan media sosial. Apa yang menjadi alasan mereka? Berikut beberapa alasan artis Korea tidak menggunakan media sosial.

1. Takut Kecanduan
Komedian dan presenter Yoo Jae Suk menuturkan alasannya tak menggunakan media sosial. Pria 47 tahun ini takut menjadi kecanduan dan akhirnya tidak melakukan kegiatan lain sepanjang hari.

“Saya belum membuat akun media sosial karena orang-orang yang melakukan media sosial sepenuhnya berfokus pada hal itu. Meskipun menyenangkan dan mengasyikkan, mereka tidak akan bisa fokus pada pekerjaan mereka yang lain di hari itu,” ujar Yoo Jae Suk, diwartakan Koreaboo, Juni 2017 lalu.

Sebelumnya, Yoo Jae Suk sempat membuat akun Instagram. Namun, akun tersebut hanya dibuat satu hari sebagai tantangan dalam program Running Man.

“Saya mencoba menggunakan SNS (Social Networking Site) untuk pertama kalinya dan berinteraksi dengan pemirsa benar-benar menyenangkan. Namun saya tidak akan menggunakannya lagi,” tuturnya, dilansir dari Allkpop, Januari 2016 lalu.

2. Tidak Apa Adanya
Sebagian orang menggunakan media sosial untuk mengabadikan kenangan. Namun karena inilah, Gong Yoo justru tak mau memiliki akun medsos. Pemeran utama dalam drama Goblin ini mencoba untuk tidak mengungkapkan kehidupan pribadinya karena ia yakin akan selalu ada kenangan yang ingin ia lupakan.

“Jika Anda mengungkapkan kehidupan pribadi Anda melalui media sosial, Anda mungkin mendapatkan suatu hal darinya, tetapi Anda juga kehilangan hal yang lain,” kata Gong Yoo, dilaporkan Koreaboo, Juni 2017 lalu.

Diakui pria 40 tahun ini, ia lebih menikmati setiap momen dalam hidupnya ketimbang mengabadikannya melalui sebuah foto. Menurut Gong Yoo, foto yang ditampilkan di media sosial tidak menampilkan keadaan yang sebenarnya.

“Ketika saya pergi ke suatu tempat, saya lebih suka mengabadikan momen dengan mata saya daripada mengambil foto. Tindakan menunjukkan foto yang dibuat dan tidak menggambarkan apa adanya, membuat saya sedikit tidak nyaman,” ucap Gong Yoo, dikutip dari Soompi, April 2017 lalu.

3. Ingin Orang Fokus pada Karyanya
Dalam sebuah wawancara dengan majalah Cosmopolitan, Kim Ji Won mengungkapkan alasannya tidak menggunakan media sosial. Aktris drama Fight For My Way ini menginginkan publik untuk berfokus karya yang ia hasilkan ketimbang kehidupan pribadinya.

“Saya cenderung memisahkan kehidupan profesional dan kehidupan pribadi. Saya ingin publik lebih fokus pada drama saya dan karakter yang saya mainkan daripada diri saya sendiri,” tutur Kim Ji Won, dikutip dari artikel Soompi Januari 2018 lalu.

Baca Juga : Fakta Will Smith Sang Aktor Film Gemini Man

4. Emosional
Aktris lainnya yang tidak memiliki akun media sosial adalah Park Bo Young. Pemeran utama dalam drama Strong Woman Do Bong Soon ini mengungkapkan sisi emosional dirinya yang sulit dikendalikan.

“Saya sangat mudah dipengaruhi oleh perasaan saya dan akan bertindak berdasarkan emosi saya. Sebaliknya, saya menulis dalam jurnal setiap hari,” ujar Park Bo Young, dilansir dari Soompi, April 2017 lalu.

5. Kurang Menguasai
Minho SHINee mengungkapkan bahwa dirinya tidak begitu akrab dengan teknologi. Selain itu, ia juga tidak merasa perlu memiliki media sosial untuk saat ini.

“Saya tidak pandai menangani media sosial dan saya tidak merasa perlu untuk membuatnya. Saya tidak ingin membuang waktu saya dengan itu. Saya lebih suka mengadakan pameran galeri foto di masa depan,” ucap Minho SHINee, dikutip dari Koreaboo, Juni 2017 lalu.

6. Takut Menimbulkan Insiden
Meskipun Park Hae Jin menyadari sejumlah manfaat dari media sosial, ia lebih menyoroti sisi buruk sarana komunikasi tersebut. Aktor drama Cheese in the Trap ini takut media sosialnya menimbulkan sebuah insiden yang tak diharapkan.

“Melalui media sosial, saya dapat berpromosi dan berkomunikasi. Tetapi saya pikir itu lebih berbahaya. Bukankah banyak insiden berasal dari media sosial? Itu sebabnya saya tidak menggunakannya,” kata Park Hae Jin, diwartakan Koreaboo, Juni 2017 lalu.